Dampak Narkoba Terhadap Sistem Saraf Manusia

Dampak Narkoba Terhadap Sistem Saraf Manusia - Narkoba, inilah jenis obat-obatan yang sering disalah gunakan sebagian orang. Orang yang ketergantungan Narkoba dipastikan masa depannya terancam. Karena pengaruh narkoba terhadap sistem saraf nya bisa membuat candu berkepanjangan. Hidup hanya untuk berhalusinasi.

Di sini AelovebeL sudah merangkum Dampak Narkoba Terhadap Sistem Saraf Manusia yang diambil dari berbagai sumber terpercaya. Jika anda mendapat tawaran untuk mengkonsumsi narkoba sebaiknya berfikir 2x dulu. Silahkan baca postingan berikut tentang pengaruh narkoba terhadap sistem saraf manusia.


Dampak Narkoba Terhadap Sistem Saraf Manusia

Dampak Narkoba Terhadap Sistem Saraf Manusia


Ada 4 macam golongan obat-obatan narkoba yang berdampak kepada sistem saraf manusia diantaranya :
1. Sedatif
Obat yang berdampak pada menurunnya aktivitas normal otak. Contohnya valium.

2. Stimulans
Ini merupakan golongan obat yang dapat mempercepat kerja otak. Contohnya Kokain.


3. Halusinogen.
Golongan obat ini yang paling sering digunakan para pemakai narkoba di Indonesia. Dampak dari narkoba jenis ini dapat mengakibatkan halusinasi (penghayalan) seakan bermimpi dan membuat orang menjadi malas untuk beraktivitas. Contoh ganja, eksasi dan sabu-sabu.

4. Painkiller
Merupakan obat yang dapat menekan fungsi otak yang bertanggung jawab sebagai rasa sakit. Bisa dikatakan narkoba jenis ini bisa menghilangkan rasa sakit. Contoh morfin dan heroin.


Penggunaan obat-obatan ini memiliki pengaruh terhadap kerja sistem saraf, misalnya hilangnya koordinasi tubuh, karena di dalam tubuh pemakai, kekurangan dopamin. Dopamin merupakan neurotransmitter yang terdapat di otak dan berperan penting dalam merambatkan impuls saraf ke sel saraf lainnya. Hal ini menyebabkan dopamin tidak dihasilkan. Apabila impuls saraf sampai pada bongkol sinapsis, maka gelembung-gelembung sinapsis akan mendekati membran presinapsis.

Namun karena dopamin tidak dihasilkan, neurotransmitte tidak dapat melepaskan isinya ke celah sinapsis sehingga impuls saraf yang dibawa tidak dapat menyebrang ke membran post sinapsis. Kondisi tersebut menyebabkan tidak terjadinya depolarisasi pada membran post sinapsis dan tidak terjadi potensial kerja karena impuls saraf tidak bisa merambat ke sel saraf berikutnya.

Efek lain dari penggunaan obat-obatan terlarang adalah hilangnya kendali otot gerak, kesadaran, denyut jantung melemah, hilangnya nafsu makan, terjadi kerusakan hati dan lambung, kerusakan alat respirasi, gemetar terus-menerus, terjadi kram perut dan bahkan mengakibatkan kematian. Untuk menyembuhkan para pencandu diperlukan terapi yang tepat dengan mengurangi konsumsi obat-obatan sedikit demi sedikit di bawah pengawasan dokter dan diperlukan dukungan moral dari keluarga serta lingkungannya yang diiringi oleh tekad si pemakai untuk segera sembuh. Hal yang paling penting adalah ditumbuhkannya nilai agama dalam diri si pemakai.

Sekian informasi Dampak Narkoba Terhadap Sistem Saraf Manusia, semoga berguna bagi anda.
DMCA.com You like it?
Judul: Dampak Narkoba Terhadap Sistem Saraf Manusia Rating: 4.5 Ditulis Oleh
Comments
1 Comments

1 comments:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai narkoba, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://ejournal.gunadarma.ac.id/files/journals/7/articles/257/public/257-764-1-PB.pdf

    Balas

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik, bijak, dewasa dan tidak mengandung unsur SARA oke sob?
NO HTML code!

 
Copyright © 2013. About - Contact - Disclaimer - Privacy Policy
Themes by Bamz
Site Meter Entertainment Blogs My Zimbio Top  blogs