Gempa 8,9 SR disusul Tsunami 10 meter Landa Jepang

Gempa dahsyat berkekuatan 8,9 pada Skala Richter telah meluluhlantakkan sejumlah kawasan di Negeri Sakura, terutama ibu kota Tokyo. Gempa yang disusul Tsunami berketinggian 10 meter itu pun membuat super panik warga sekitar. Mereka menyelamatkan diri dengan naik ke atas gedung serta atap rumah.
Pemantauan stasiun televisi setempat, sejumlah pekerja tampak bertahan di atap gedung untuk menghindari gelombang Tsunami. Pada saat yang bersamaan, ribuan kendaraan yang ada di jalanan sudah terseret gelombang.

Sementara itu, sejumlah warga juga bertahan dengan naik ke lantai dua atau atap bangunan. Mereka juga mencoba mencari bantuan pertolongan dengan memberi tanda bendera putih.
Jepang kerap dilanda gempa karena berada di patahan gempa dunia. Namun, gempa kali ini tercatat sebagai gempa terburuk sejakl 90 tahun silam.

Sebelum gempa hari ini, Jepang beberapa kali dilanda gempa besar dengan korban jiwa tidak sedikit. Tahun 2000, kawasan Jepang utara dilanda gempa berkuatan 6,9 SR. Sebanyak 131 orang dilaporkan meninggal dunia saat itu.
Gempa lebih besar terjadi di Provinsi Sanriku tahun 1933 dengan kekuatan 8,1 SR dan diikuti Tsunami. Korban tewas diperkirakan 3.000 orang.
Gempa paling dahsyat dan merenggut korban jiwa paling banyak terjadi pada tahun 1923 di Provinsi Great Kanto. Gempa berkuatan 7,9 SR itu merenggut 140 ribu korban jiwa.


DMCA.com You like it?
Judul: Gempa 8,9 SR disusul Tsunami 10 meter Landa Jepang Rating: 4.5 Ditulis Oleh
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik, bijak, dewasa dan tidak mengandung unsur SARA oke sob?
NO HTML code!

 
Copyright © 2013. About - Contact - Disclaimer - Privacy Policy
Themes by Bamz
Site Meter Entertainment Blogs My Zimbio Top  blogs